BAGAIMANA Cara Brand Menyampaikan PESANNYA atau MAKNANYA - Dodi Zulkifli

BAGAIMANA Cara Brand Menyampaikan PESANNYA atau MAKNANYA

Dodi Zulkifli - Kali ini saya hanya ingin memfokuskan pada Brand Expression. Adalah "BAGAIMANA" cara brand menyampaikan PESANNYA atau MAKNANYA pengalaman indrawi (5 panca indra).

Foto : Neyma Brand Identity
 Yang selanjutnya juga disebut BRAND IDENTITY.

Pesan apa yang disampaikan?
Segala hal yang ada dalam Brand strategy, di antaranya Personality, Positioning, Tone and Manner, Brand Single Idea, dan lainnya.

Elemen yang tercakup dalam BRAND EXPRESSION / BRAND IDENTITY di antaranya adalah: Taste (rasa), Sound (suara), Visual (penglihatan), Smell (penciuman), Touch (sentuhan)

Kali ini lebih spesifik lagi saya hanya membahas VISUAL IDENTITY. Elemennya terdiri dari LOGO, NAME, TAGLINE, GRAPHIC ELEMENT, COLOUR SCHEME, TYPHOGRAPHY, INTERIOR DESIGN, VOICE AND DICTION dan lainnya.
Foto : Neyma Brand Identity
Delapan elemen di atas harus satu kesatuan (UNITY) artinya satu dengan yang lain harmonis seperti orchestra. Walaupun banyak pemain, banyak alat musik namun terdengar indah.

Apa jadinya jika semua pemain orchestra semuanya ingin menonjol bersamaan?

Foto : www.rowanyouthorchestra.com
Demikian pula brand identity seharusnya.
Walaupun banyak elemennya harus diatur sedimikian rupa satu dengan yang lain saling melengkapi dan satu alogoritma  yang sama membentuk sebuah simphony yang indah.

Samplenya seperti apa? Saya memiliki 2 object sebagai berikut.
Foto : National Geographic
Jika saya juga memiliki 2 nama 
MALUMA  dan TAKETE

Saya yakin anda baru pertama kali mendengar 2 kata di atas.
Foto : National Geographic
Kira-kira menurut anda,
Object yang tepat diberi nama MALUMA adalah object A/B
Object yang tepat diberi nama TAKETE adalah object A/B

100% orang ditanya menjawab Takete A dan Maluma B

Voice dan diction dalan visual identity

Keterkaitan bentuk logogram dan brand name

Sesuaikan bentuk logogram dengan voice dari brand namenya ... idealnya begitu

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "BAGAIMANA Cara Brand Menyampaikan PESANNYA atau MAKNANYA"

Post a Comment