Dodi Zulkifli - Banyak yang sering nanya, “mas dodi… tolong dong review logo saya, sudah tepat belum ya…”
Nah, karena banyak yang nanya, saya buatkan sebuah guidance, yang selama ini saya lakukan. Menjadi ukuran sebuah logo yang merupakan visual identity sebuah brand tepat.
Ini juga dapat menjadi acuan bagi business owner untuk hati-hati memilih agency untuk mendesain visualkan identity brandnya.
Yang PERTAMA,
SESUAI KARAKTER
Kenapa ini saya letakkan pada urutan pertama, karena "KARAKTER" adalah hal yang sangat fundamental.
Anda dan saya, sudah sepakat bahwa BRAND adalah intangible, tidak terlihat... Brand Identity, adalah sebuah PENGHUBUNG agar brand dapat dilihat, disentuh, didengar, dirasakan.
Brand identity yang baik adalah SESUAI KARAKTER atau sesuai PERSONALITY brand tersebut.
Brand personality adalah satu set karakter manusia yang diletakkan pada brand.
Agar lebih mudah memahaminya, saya akan berikan sample dari portfolio NEYMA ID (sebelumnya bernama DESIGN TALK),
Ebeka
Fun, Simple, Monochorme, Modern
Logo EBEKA | Foto : Neyma Brand Identity |
Tas EBEKA | Foto : Neyma Brand Identity |
Stationary EBEKA | Foto : Neyma Brand Identity |
Mbah Dinem
Tradisional, mewah, rumit.
|
|
|
Adventure Camp
Laki-laki, simple, monochorme,
|
Guidance Logo Adventure Camp | Foto : Neyma Brand Identity |
Tas Adventure Camp | Foto : Neyma Brand Identity |
El Pernak Pernik
Feminim, Full Colour, Rumit
Logo El Pernak Pernik | Foto : Neyma Brand Identity |
Katalog El Pernak-pernik | Foto : Neyma Brand Identity |
Katalog El| Foto : Neyma Brand Identity |
Anda dapat merasakan perbedaan PERSONALTY masing-masing brand?
Kenapa BRAND PERSONALITY ini penting?
Anda menyukai atau tidak menyukai seseorang karena personalitynya bukan?
Misal,
Anda seorang laki-laki yang suka wanita pendiam
Atau anda seorang laki-laki yang suka wanita banyak bicara.
Dalam hal ini tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar.
Brand anda harus memiliki dan tampil dengan personality yang dibutuhkan dan disukai oleh target audience anda.
Dalam menentukan personality yang pertama, ikutilah NATURE anda... temukan itu...
Yang kedua, juga mungkin perlu dipertimbangkan, apakah personality yang sudah anda tentukan sesuai dengan personality yang disukai oleh target audience anda.
Membahas personality akan sangat dalam sekali... Kedepannya personality akan sangat dibutuhkan untuk proses brand building, melalui communication dan behaviour sebuah brand.
Mengapa proses design brand identity, tidak dapat CEPAT dan MEMBUTUHKAN WAKTU?
Karena NEYMA.ID (sebelumnya Design Talk) membutuhkan waktu untuk MEMAHAMI brand dan bisnis klien secara universal.
Mengapa brief / interview kami panjang?
Karena kami juga membutuhkan sejumlah informasi untuk MEMAHAMI BISNIS anda, sehingga kami dapat memberikan solusi yang dibutuhkan.
Dalam bidang yang kami geluti, sekalipun kami mendevelopnya berasal dari strategi tetapi pendekatan solusinya hampir seluruhnya melaui visual.
Sangat memungkinkan sekali penilaian like & dislike dan sangat subyektif.
Itu mengurangi hal demikian, kami harus membangun paradigma yang sama terlebih dahulu.
Apakah itu brand, apa itu brand identity, bagaimana brand identity development, dll.
Point kedua, bersambung.... hehehe
Belum ada tanggapan untuk "Guidance VISUAL IDENTITY yang BAIK #1"
Post a Comment