Dodi Zulkifli - Saya mulai dulu dengan definisi BRAND! Saya senang sekali menggunakan definisi tentang BRAND dari Pak Subiakto , yang sangat simple
BRAND = NAMA + MAKNA
Berarti sebagai business owner, yang harus anda lakukan 3 hal
1| Membuat nama
2| Menentukan makna
3| Membentuk makna tersebut dipikiran pelanggan.
Jika Brand adalah NAMA + MAKNA
Maka BRANDING adalah apapun yang dilakukan untuk membentuk makna tersebut
Saya beberapa waktu lalu berkunjung ke sebuah cafe di Jogja yang bernama TEMPO GELATO, menjual semacam es cream…
Search sendiri ya di google gelato itu apa (semacam es krim singkatnya) .
Yang saya akan bahas adalah, adalah EXPERIENCE ketika saya BERKUNJUNG ke TEMPO GELATO.
Saat mobil terparkir, dari tampak depan… sudah disambut dengan exterior yang membawa aura jadul.
Sesuai dengan namanya. TEMPO GELATO
Tempo Gelato | Foto : Dodi Zulkifli |
Setelah masuk, disambut dengan design interior yang membawa aura masa lalu.
Mulai dari lantai, dinding, ornamen, sofa, meja, kursi, lampu, hingga lagu yang diputar.
Suasana di dalam Tempo Gelato | Foto : Dodi Zulkifli |
Suasana di dalam Tempo Gelato | Foto : Dodi Zulkifli |
Logo dengan font (saya lupa namanya) yang dulu sempat populer untuk software design under DOS yang namanya NEWS (kalau tidak salah)
Jangan salah, saya semenjak SD sudah bermain desain. Poster piket di kelas, aturan-aturan yang ada di kelas saya inisiatif untuk perbaiki dengan design yang lebih menarik.
Diprint dengan menggunakann dot matrix.
Hehehe.
Suasana di dalam Tempo Gelato | Foto : Dodi Zulkifli |
Suasana di dalam Tempo Gelato | Foto : Dodi Zulkifli |
Ini yang disebut dengan BRAND TOUCHPOINT.
Titik sentuh audience dengan brand.
Dapat melalui Taste (rasa), Sight (penglihatan), Smell (penciuman), Sound (suara), Touch (sentuhan)
Secara BRAND, experience dalam TEMPO GELATO benar-benar menyeluruh melalui visual & sound.
Visual bukan hanya tentang desain grafis saja, namun hingga pemilihan material harusnya sangat diperhatikan detailnya.
Tempat Sampah Tempo Gelato | Foto : Dodi Zulkifli |
Suasana di kamar mandi | Foto : Dodi Zulkifli |
Saat berjalan ke kamar mandi dan saya menemukan tempat sampah yang dari bahan kayu dan terukir nama brandnya TEMPO
Mengapa experience di TEMPO GELATO sangat maksimal?
Karena masing-masing TOUCHPOINT (Mulai dari lantai, dinding, ornamen, sofa, meja, kursi, lampu, hingga lagu yang diputar) mengarahkan kepada makna SAMA
Satu dengan yang lain saling menguatkan.
Itu.....!!
Belum ada tanggapan untuk "EXPERIENCE Berkunjung Ke TEMPO GELATO"
Post a Comment