Dodi Zulkifli - Ya iyalah Dod… aku lagi mau kembangin bisnis kopi… Khan aku dulu lahir dan besar di Lampung , jadi aku tahu banyak tentag KOPI LAMPUNG.. Nah ini, aku ada kenalan kopi yang berkualitas, aku mau kemas ulang kopinya dan aku jual harga yang lebih mahal… Karena kopinya temen ku itu berkualitas bangeet…
Eh tetapi ngomong-ngomong, mahal enggak bikin Brand Identity gitu…Berapa biayanya?”
“Enggak mahal, yang namanya MAHAL itu kalo kamu dapat VALUE dibawah harga yang kamu bayarkan… itu MAHAL namanya… Kalo kami dapat VALUE lebih besar dari yang kami bayarkan, itu namanya MURAH…”
“Ah… bisa aja kamu.. tetapi bener juga sih.. Desain kalo bagus bisa dipake seterusnya…”
Langsung saya potong perkataan Yayan,
“Desain itu bukan saja BAGUS, kalo bagus saja itu selera dan lebih layak disebut lukisan… kalo Brand Identity itu bukan saja bagus tetapi juga BENER, karena ada kaidah-kaidah teorinya…”
“Iya.. ya… sekali lagi bener buat kamu Dod… jadi berapa niih harganya?”
“Ini yan harganya silahkan pilih paket yang mana….”
Aku buka iphone 6+ ku untuk bagian harga untuk UKM..
“Oke aku pilih paket yang ——————— tuuuuuttttt…..” Di sensor, kalau penasaran JAPRI AJA…
“Oke, aku interview dulu ya yan…”
“Jiaaah…. pake interview lagi…kayak pas aku mau ngelamar kerja…”
“Ya iyalah, Alharhum ayahmu khan dokter tho… Kalo dia ketemu pasien, langsung kasih obat gitu? Enggak khan, ditanya dulu, diperiksa dulu, baru dikasih solusi…
Sama… aku interview dulum untuk mengetahui all about your brand, sekitar 40 pertanyaan, ini disebut dengan CLIENT BRIEF…”
“Apa? 40 pertanyaan?…” Yayan tambah bingung lagi…
Kopi dari tadi cuma nemenin kita berdua ngobrol, jarang disentuh…
“Udah… aku mulai aja, ntar khan kelar sendiri, pertama tentang produkmu, tadi sudah sedikit dijelaskan, sekarang NAMA & MAKNA SEJARAH NAMA itu…”
“Namanya HAGAKU, kayak nama jepang khan? itu adalah bahasa lampung yang artinya adalah LOKAL, maka aku pake itu sebagai namaku… Jangan dirubah namanya … Terus pertanyaan apa lagi…”
TUUUUUUTTTT ———— Sensor pertanyaan selanjutnya tidak bisa ditampilkan disini, kalo penasaran, order aja… hehehe
“Oke sip Dod… selesai kapan kira-kira…?”
“Sekitar 2 mingguan ya…?”
“Oke Dod, 2 mnggu lagi, diemail aja ke aku, ntar aku WA alamat emailku…Yuuk pulang.. aku harus balik kerja lagi… Thank atas traktirnya ya…”
Aku dan yayan keluar bareng dari starbak menuju parkir, aku parkir motor, yayan parkir mobil…
SEEEEET……
2 Minggu kemudian,
Iphone 6+ ku bergetar
ndreet…. ndreet…
tulisannya
QOMBOT
Iya.. aku panggila Yayan dengan nama QOMBOT, panggilan yang dikasih teman-teman yang aku sendiri tak tahu MAKNA & SEJARAH namanya …
Aku angkat…
“Dod… aku sudah terima emailnya…keren banget ..nget… kok bisa gitu sih mikirnya… Diluar ekspektasi saya… keren banget… Idenya itu lho…
Gini, kamu tahu khan dulu aku lahir dan besar di Lampung, aku tahu kain TAPIS sebagai kain kerajinan tradisional khas Lampung kami ambil sebagai IDE membuat brand identity sebagai ornamen dan sebagai LOGOnya…
Logonya tulisan H tetapi tuh… keren, dibuat dengan motif TAPIS…
Karena gini, kalo mainstream khan, kopi itu biasanya cangkir, gitu khan… Aku kemarin bayangain nya juga begitu ataupun mungkin pake gambar biji kopi, tetapi ini kamu lebih EXPLORE “LAMPUNG” sebagai sebuah barnd…
Gini-gini, aku juga ngikutin lho kuliah telegramnya pak Bi, tentang komunal brand, a Village is a brand… Ini yang kamu lakukan KONSEPnya keren, cara berpikirnya itu lho…”
Dengerin Yayan ngomong, aku enggak dikasih kesempatan ngomong… Akhirnya selesai juga, setelah mengulang kata keren banyak kali… hehehe..
“Terus yan.. kamu pilih yang mana?”
“Oh iya lupa… oke deh, dari 5 alternatif logo yang aku pilih adalah nomer 1 ya… Segera aku kirimin file aslinya ya Dod, segera mau aku cetak dan dafarkan HAKI untuk logonya… Biar enggak miskomunikasi aku kirimin screen shoot gambarnya ya Dod, ke WA kamu,, Thanks Dod…!!!”
TING TING TING
Masuklah gambar-gambar ke hp ku, logo yang dipilih oleh Yayan…
Biar enggak penasaran, seperti lho gambarnya..
Presentasi Desain Logo Hagaku | Foto : Neyma Brand Identity |
Motif Tapis Lampung seperti ini
Kain Tapis | Foto : Neyma Brand Identity |
Kain Tapis | Foto : Neyma Brand Identity |
ini Logo yang dipilih sama Yayan
Foto : Neyma Brand Identity |
Foto : Neyma Brand Identity |
Foto : Neyma Brand Identity |
Foto : Neyma Brand Identity |
Foto : Neyma Brand Identity |
Foto : Neyma Brand Identity |
Foto : Neyma Brand Identity |
Foto : Neyma Brand Identity |
Foto : Neyma Brand Identity |
TING…. WA ku pnya lagi…
Ternyata WA dari yayan
“Dod… terima kasih banyak ya… Aku belajar banyak setelah ketemu kamu.. Emang cocok kalo sampai pak Bi, menyebutmu sebagai “Pak Bi KW super” , Pak Bi udah 47 tahun pengalamannya, kamu 15 tahun… Keren lah pokoknya…
Ini kesimpulan ku Dod, mumpung aku lagi agak encer otaknya, kayaknya otak encer itu virus yang menyebar, habis ketemu kamu, aku jadi agak encer otaknya… hehehe…
1| Manusia ternyata mengambil keputusan pembelian lebih dipengaruhi oleh EMOSIONAL ketimbang rasionalnya…
2| Brand Identity adalah salah satu cara untuk mempengaruhi emosional
3| Brand Identity adalah cara mengkomunikasikan VALUE yang ingin dijual… Kayak produk KOPI punya ku… Brand identitynya super keren idenya…
4| Dan yang terpenting akan mempengarauhi SALESnya, kayak brand yang dikira import tadi…
5| Brand identity dan logo, menurutku, lebih dari sekedar teknis desain, kamu bisa mikir mengangkat LAMPUNG sebagai ide besar terasa sangat berkelas.
Itu aku yakin, mikirnya lebih lama ketimbang desainnya sendiri iya khan?
6| Orang yang ngelihat kemasan, brand identity dan logonya Hagaku akan ngerasa kalo ini bukan sebuah desain yang dikerjaka by accident, tetapi semuanya by design yang dipikirkan secara profesional seperti brand-brand lokal yang dikira import…
.
Eh… bener enggak lanturanku?”
=================
Cerita sebenarnya adalah, HAGAKU adalah klien Neyma (sebelumnya Design Talk) dari Lampung yang tak pernah berjumpa langsung.. Hanya via OnLine saja...
Belum ada tanggapan untuk "Image yang KUAT Mendongkrak SALES #2"
Post a Comment