Dodi Zulkifli - Ting…Notifikasi WA bunyi di hp saya. Dari kawan lama banget yang udah gak pernah komunikasi, YAYAN namanya… Cowok …. Seusianya dengan saya…
Pesennya gene, “Dod… kamu dimana? yuuk ketemuan di STARBUCK… klo bisa sejam lagi udah sampe sana ya… Penting bangeet niiih…
(proses basa basi gak ditampilkan… hehehe)
“Mau ngapain?…”
“Aq mau buat bisnis baru… katanya denger-denger kamu yang bikin city branding ******* ya?”
“Bukan aq… TEAM… beda ya… itu kerja tim, bukan kerjaku… hehehe…”
“Ya udah.. sejam lagi ya di Starbuck…”
CUZZZZZ…. sejam kemudian udah sampe Starbuck, udah duduk manis dengan Yayan…
“Yan… kamu sekarang bisnis apa? “ perbincangan awal setelah saya duduk..
“Aq kerja di telco… cuma aq mau ada bisnis sama temen, tetapi aq saham pengendali… dia cuma operasional aja… Jadi gene Dod… aq tuh mau bisnis KOPI… tetapi, sebelumnya sih, aq minta maaf dulu ya…?”
“kenapa minta maaf? mau minta sumbangan?” sambil mengangkat gelas kopi untuk kunikmati…
“Enggak… sebenernya sih gene, aq sih MASIH BELUM YAKIN kenapa bikin bisnis harus bikin LOGO, BRAND IDENITY, kemasan , dan lain-lain…
Khan mahal… APA ADA JAMINAN, kalo udah buat logo dan kawan-kawannya terus LARIS gitu?
sorry lho Dod…
kamu bisa bantu cuci otakku yang kotor ini?
Soalnya gene, tuh DISC TARRA aja, kurang keren apa coba, tutup juga pada akhirnya….”
“Bener… otakmu minta dicuci kalo gitu… Logo dan Brand Identity jangan disuruh BERTANGGUNG JAWAB atas segala-galanya dong…!!!”
"Coba bayangin kalo DISC TARA, desain logonya jelek, outletnya jelek… pada waktu itu… gimana coba ?”
“Ya aku ogah sewa laser disc di situ lah… enggak nyaman…”, yayan dulu waktu SMP sering sewa laser disc di disc tara… yang belum ngalami masanya laser disc silahkan googling ya…
“Eh… bener juga ya Dod…”… yayan menyambung pembicaraanya
“Gene Yan.. biar jelas… Brand Identity itu meningkatkan kemungkinan untuk lebih laris…
Jaminan 100% kalo pake Brand Identity yang bagus dan bener terus naik omset dan enggak bisa mati bisnisnya…ya enggak ada…
itu namanya TAKDIR !!!
Tetapi Brand Identity adalah bagian kecil dalam ikhtiar untuk menciptakan TAKDIR omset yang lebih besar… begitu…
Mudeng enggak?”
“Iya..ya…paham sekarang aku… Dod, ngomong-ngomong kamu jadi pinter gene dari mana? kayaknya dulu waktu SMP kamu aja enggak bisa jual diri, nyatanya DITOLAK sama cewek yang kamu tembak…”
“Justru itu… setelah itu aku terpacu untuk belajar MARKETING & BRAND, biar bisa jual diri … DIREJECT itu bukan akhir dari dunia… tetapi AWAL PERJUANGAN baru… hehehe…
Kalo aku menyerah, sedih, meratapi nasib, ya TAKDIRKU kedepannya enggak berubah…
Kayak BRAND juga gitu, kalo kamu enggak ikhtiar bikin Brand Identity yang bagus dan bener TAKDIRnya juga bisa beda….”
“Encer banget pikiranmu Dod…ujungnya ke Brand Identity lagi….
Sekarang udah mulai sedikit terbuka pintu hatiku untuk menerima hidayah tentang Brand Identity… boleh kasih kasus lain Dod? biar tambah gedhe pintu hidayah terbuka”
“Ada Yan…”
Aku keluarin iphone 6+ dari kantong celana, karena file presentasi lengkap ada iphone 6+.
Buat kayak gini, kalo ada presentasi dadakan, ALWAYS AVALAIBLE menerima TAKDIR ORDER..
Aku buka Keynote (untuk presentasi tetapi buatan apple yang super keren)
Setelah terbuka aku kasih lihat ke Yayan, iphone 6+ ku hadapkan ke Yayan…
“Yan, coba tebak, brand-brand yang ada disini brand import atau lokal?”
Brand-brand ini lah yang aku perlihatkan kepada Yayan…
Terlihat yayan mikir berat…
“Dod… yang aku tahu sih CFC, JCO itu lokal… kalo yang lainnya enggak yakin… kayaknya sih… itu import ya…bener ga?” terdengar nada dari Yayan yang tidak yakin dengan jawabannya sendiri
“Move on dong Yan… ini bukan sekolah yang kalo salah jawab di suruh maju kedepan… kayak kamu dulu… trauma ya…?”
“Bisa aja…kamu Dod…Jadi gimana brand itu, lokal apa import?”
“Itu 100% Lokal”
“APA ?!!!” Matanya sedikit melotot dan suaranya sedikit keras.. Ekspresi kaget mungkin ya…
“Iya itu 100% lokal…”
“Gila… Kok bisa gitu, terasa banget kalo itu import lho…”
“Jangan khawatir, yang mengira itu import bukan cuma kamu, ini pernah di survei oleh sebuah majalah tentang brand di Indonesia, diperlihatkan brand-brand tersebut kepada pembelinya kemudian ditanya itu brand import atau brand lokal?”
“Terus hasil surveinya gimana?”
“80 % menjawab itu Import, hanya 20% yang tahu itu lokal.. Terus yang ANEHNYA, orang-orang mengira itu import diberi tahu bahwa YANG MEREKA SANGKA IMPORT itu ternyata LOKAL, ditanya MASIH MAU BELIKAH?”
“Masih mau beli enggak menurut surveinya?”
“20% TIDAK MAU beli lagi… Menurutmu aneh enggak yan, selama ini mereka udah pakai, udah nyaman, eh giliran dikasih tahu itu lokal, mereka enggak mau beli…”
“Menurutku sih ya enggaklah.. khan mereka maunya import bukan lokal…” Jawab yayan
“Nah, itulah yang aku sebut dengan MERASIONALKAN alasan EMOSIONALNYA… Manusia mengambil keputusan, termasuk keptusan pembelian, 80 % lebih dipengaruhi emosionalnya…”
“Kayak ada FAKTOR X yang mempengaruhi…” Yayan tahu-tahu nyambung aj…
“Bukan Yan… tetapi FAKTOR B..!!!
“Apaan lagi tuuh FAKTOR B?” wajah culun yayan yang penasaran…
“Faktor Brand… “
“Tetapi gini Dod, itu designnya Terry Palmer, bukan karena kebetulan kan? bukan karena kecelakan tho, bisa dapet FEEL import… pertanyaanku terlalu goblok ga sih?”
“Hehehe… enggak terlalu sih… itu namanya BRAND ATMOSPHERE, bagian dari Brand Identity dalam menciptakan EXPERIENCE…
Gampangny gene yan… Jadi kalo ada pelanggan masuk ke tokonya, gimana caranya pelanggan tadi MERASAKAN SUASANA itu IMPORT, MAHAL, dan seabagainya.. Itu semua by design… bukan accident..”
Bersambung ya, ternyata capek juga ngetik kayak gini, hehe
Belum ada tanggapan untuk "IMAGE yang KUAT Mendongkrak SALES"
Post a Comment