3 Kunci SUKSES BRANDING - Dodi Zulkifli

3 Kunci SUKSES BRANDING

Dodi Zulkifli - Kunci sukses branding hanya ada 3,

F yang pertama
Fokus | Foto : Dodi Zulkifli
F yang kedua
Fokus | Foto : Dodi Zulkifli
F yang ketiga
Fokus | Foto : Dodi Zulkifli
Saya nampaknya harus mengecewakan bagi yang ingin cara mudah branding tanpa usaha apapun.

Karena dibutuhkan FOKUS untuk menciptakan BRAND yang sukses dan kuat.

Fokus apa?

Fokus terhadap single message atau konsisten.

Iya, kebanyak teman-teman UKM... Message yang ingin disampaikan melalui komunikasi terlampau crowd.

Dalam era saat ini market (baca : pelanggan) sudah OVER INFORMATION.

Mulai bangun tidur, apa yang pertama kali dipegang?

Mau tidur, apa yang terkahir dipegang?

Yes... anda tahu sendiri jawabannya.

Artinya...
Mulai bangun tidur sampai tidur kembali pelanggan dijejali milyaran informasi.

Untuk bisa mengambil 'celah' ditengah kesemrawutan tersebut harus simple dengan SATU PESAN UTAMA.

Jika tidak apa yang kira-kira terjadi?
PESAN BRAND anda menguap tanpa hasil ditelan kerumitan informasi yang beredar.

Setelah menangani berbagai macam klien, saya menyimpulkan ada 3 kesalahannya sering dilakukan

A. TIDAK KONSISTEN dalam konteksnya
Desain yang selalu berubah-berubah tanpa ada unity / satu kesatuan.
Contoh Brosur Tidak Konsisten | Foto : Neyma Brand Identity
Sampel milik klien kami, anda dapat lihat inkonsisten dalam berbagai macam hal mulai dari warna, layout, penempatan logo sampai yang paling parah adalah INKONSISTEN PENYEBUTAN NAMAnya sendiri.

B. TIDAK ADA single MESSAGEnya
Dalam satu media (brosur / TVC dll) ingin semua pesan dimasukkan, akhirnya mirip dengan IKLAN KECIK di koran.
Contoh Brosur | Foto : google.com
saya ambil sample di atas dari om google

Seakan, eman-eman kalau ada space tersisa dari media brosurnya.

Yakin pelanggan mau baca semuanya?
Yakin pelanggan memiliki banyak waktu luang untuk membaca?

Pelanggan harus mulai membaca dari yang mana dulu?

Bukankah sebuah story akan menarik jika alurnya dibaca urut?

Jika pelanggan bingung membaca urutan membaca, yakinkan anda efektif?

C. TIDAK KONSISTEN dalam communication plannya.
Apa maksudnya?

Saya kasih sampel 
POCARI, biasanya dan kebanyakan market (baca : pelanggan) dipicu oleh habis keringatan atau saat akan merasa menguras energi, maka market membeli POCARI.

Betul?

Tahukah kapan POCARi masuk ke INDONESIA?

Tahun 1990

27 Tahun sudah di Indonesia

Apa pesan utama dari komunikasinya?

Ya... yang saat ini bersemayam di pikiran anda semua.

Nah, coba cek sendiri pola komunikasi anda !
Adakah single message yang anda selalu anda ulang?

Biasanya pola UKM seperti ini dan bandingkan dengan pola POCARI dan brand-brand besar mereka menggunakan pola yang sama.
Pola UKM dibandingkan Pocari | Foto : Dodi Zulkifli
POLA teman-teman UKM tiap bulan berubah MESSAGE nya...

Pelanggan sudah banyak dibombardir iklan dan komunikasi di ALL CHANNEL (Youtube, WA, Telegram, TV, dll)

Ditambah lagi Brand anda mengkomunikasikannya pesannya TIDAK FOKUS.

Jadi apa yang tersisa dipikiran pelanggan?

Tebak sendiri....

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "3 Kunci SUKSES BRANDING"

  1. Trimakasih penjelasan kang. Simple tp kena langsung

    ReplyDelete