Produk menjadi PERTIMBANGAN dalam menentukan WARNA IDENTITY - Dodi Zulkifli

Produk menjadi PERTIMBANGAN dalam menentukan WARNA IDENTITY

Dodi Zulkifli - Warna produk juga menjadi bahan pertimbangan penting dalam menentukan brand identity.
Foto: Neyma Brand Identity
Jika melihat proses nomer 3 Design Identity, salah satunya adalah warna. 
Ditentukan oleh 2 proses sebelumnya.
Foto: Neyma Brand Identity
Pada proses pertama UNDERSTANDING,
proses pengumpulan data atau bahan mentah, salah satunya ditentukan oleh analisa internal yang termasuk di dalamnya adalah warna produk.

Studi kasus,

Seperti yang saya sering bahas, CARICA GEMILANG…
Selain menyiasati pesaing / kompetitor, juga hal yang dipertimbangkan adalah warna main productnya.

Tim internal NEYMA memilih warna KUNING, meskipun klien menginginkan warna hijau muda.
Klien menganggap hijau muda dapat menyampaikan pesan FRESH.

Secara fakta memang warna hijau demikian. Namun brand ini, main productnya adalah buah. Buah yang berwarna hijau muda adalah buah yang mentah atau belum masak.
Sehingga tim Neyma sangat tidak merekomendasikan warna hijau muda.
Carica Gemilang | Foto: Neyma Brand Identity
Kedua, studi kasus pada DEA BAKERY.
Berikut saya tampilkan design & foto identity yang sudah ada sebelumnya.
Design & Foto Identity Dea Bakery sebelum reBranding | Foto: Neyma Brand Identity
Produk Dea BAkery didistribusikan melalui jaringan tokonya sendiri. Tidak dijual di tempat lain seperti sari roti misalnya.

Jika berbicara tentang Dea Bakery berarti berbicara tentang Produk + Service.
Terdapat unsur service juga di dalamnya

Warna yang existing digunakan adalah kuning (primary) & merah (secondary).

Dari tim internal Neyma dengan mempertimbangkan service yang cukup berperan banyak dalam membentuk brand Dea Bakery, maka kami merubah warna primarynya menjadi merah maroon.

Salah satu pertimbangannya adalah sebagai berikut :

1| Warna merah darah seperti yang saat ini digunakan mari dibedah personalitynya.

MERAH Secara tempo : cepat / lambat ?
MERAH secara temperatur : dingan / panas ?

Pada umumnya, warna merah identik dengan cepat dan panas.

Sehingga menurut tim internal NEYMA, warna tersebut kurang cocok.

Jika restaurant fast food, menggunakan warna merah darah sangat cocok. Karena sesuai dengan personalitynya.
Foto: Neyma Brand Identity
Namun, akan berbeda jika restaurant-restaurant tersebut membuka cafe.
Foto: Neyma Brand Identity
Warna merahnya diubah menjadi merah maroon.

Kenapa?
Lebih hangat !

2| Pertimbangan berikutnya adalah warna produknya DEA BAKERY yang berwarna kuning, kecoklatan. Tentu logo berwarna kuning menjadi kurang stand out.
Foto: Neyma Brand Identity
Bagaimana solusinya?
Foto: Neyma Brand Identity
Pada proses kedua, Dengan mempertimbangkan berbagai macam hal (kompetitornya, target audiencenya, dll)
tim NEYMA menentukan personality yang tepat adalah sebagai berikut
Foto: Neyma Brand Identity
Dan output visual identitynya sebagai berikut
Foto: Neyma Brand Identity

Foto: Neyma Brand Identity

Foto: Neyma Brand Identity
Dengan warna merah maroon sebagai primary harapan kami adalah lebih sesuai dengan personality dan lebih stand out.
Foto: Neyma Brand Identity
Sebagai penutup dari kulgram hari ini saya mengutip quote yang sangat indah,

“The best brand strategy is developed as a creative partnership between the client, the strategist, and the designer”
Connie Birdsall, Creative Director
Lippincott

Adalah untuk mendapatkan strategy terbaik dibangun creative partnership antara : KLIEN, THE STRATEGIS (pada proses 2 Neyma, dibutuhkan brand analyst), dan juga DESIGNER.

Artinya untuk KLIEN adalah termasuk faktor yang menentukan.

Karena tim Neyma layaknya dokter, dan Klien adalah pasien.

Yang juga menjadi penentu kesembuhan pasien adalah pasien itu sendiri. 
Dokter menyarankan yang terbaik, kalau pasien ngeyel.

Dokter menyarankan dokter minum obat 3 kali sehari,
kemudian pasien mengatakan “saya ga suka angka 3 dok… kalau 1 aja gimana?”

“The best brand strategy is developed as a creative partnership between the client, the strategist, and the designer”
Connie Birdsall, Creative Director
Lippincott

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Produk menjadi PERTIMBANGAN dalam menentukan WARNA IDENTITY"

Post a Comment