Dodi Zulkifli - "Iklan yang tujuannya ngasih tahu orang, agar orang tahu tentang brand kita", jawaban mayoritas teman-teman UKM jika ditanya apa sih Brand Awareness itu.
4 level Brand Awarness
Benarkah hanya sebatas itu brand awareness?
Yuuuk... pelajari lebih dalam tentang brand awareness.
Brand awarness, "tahu" tentang nama brand tersebut adalah satu dimensi, namun "apa" yang diingat dari brand tersebut adalah dimensi yang lainnya.
LEVEL 1
"Pak dijemput dimana?" Sewaktu saya pesan uber di sebuah hotel di Jakarta.
"Jemput di Fave hotel Pasar Minggu ya pak..." jawab saya.
"Fave hotel yang mana ya pak... saya tidak tahu fave hotel?" Tanya supir uber
Ini disebut dengan Brand Awarness level 1, yaitu BRAND UNAWARE. Brand tidak dikenali oleh pasar.
Jika brand tidak dikenali, bagaimana akan terjadi sales?
LEVEL 2
"Pak dijemput dimana?" Sewaktu saya pesan uber di sebuah hotel di Jakarta.
"Jemput di Fave hotel ya pak..." jawab saya.
"Oh hotel yang warnanya PINK itu ya?" Tanya supir uber
"Betul pak..."
Fave Hotel | Foto : Fave Hotel |
Brand Recognition juga dapat ditest dengan, konsumen diperlihatkan sebuah desain kemasan yang nama brand nya sudah ditutup.
Jika konsumen mengenali, hal ini yang disebut dengan AWARNESS level 2, brand recognition.
Bagaimana agar brand anda mudah dikenali juga?
Tentu saja, rumus 2K wajib adanya.
K yang pertama adalah KONTINYU artinya berkelanjutan.
K yang kedua adalah KONSISTEN, artinya komposisi warna PINK, layout, dll selalu konsisten cara penggunaannya.
FUNGSINYA untuk apa?
Misal anda ingin Pocari Sweet, anda datang ke minimarket kemudian anda mencarinya pada rak.
Saya sangat yakin, sebagian besar anda yang membaca mudah mengenali dan menemukannya bukan?
Itulah fungsi dari BRAND RECOGNITION.
Jika Brand anda berupa produk, maka janganlah main-main dengan kemasannya. Bukan sekedar menarik namun juga harus diperhatikan fungsinya sebagai brand recognition.
Produk Carica Gemilang | Foto : Neyma Brand Identity |
Jika brand anda berupa jasa, misalkan hotel atau bakery. Jangan main-main dengan desain exteriornya selain untuk mempercantik juga berfungsi sebagai brand recognition.
Desain Exterior Dea Bakery | Foto : Neyma Brand Identity |
Mungkin juga online pada marketplace, memudahkan konsumen menemukannya produk anda.
Ini adalah framework agency kami, sehingga output yang kami berikan termasuk mempertimbangkan faktor BRAND RECOGNITION. Yang seringkali klien juga tidak mempertimbangkan dan tidak mengetahuinya aspek tersebut.
Belum ada tanggapan untuk "Menjadikan BRAND anda MUDAH Dikenali #Part 1"
Post a Comment